• This is default featured slide 1 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by NewBloggerThemes.com.

  • This is default featured slide 2 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by NewBloggerThemes.com.

  • This is default featured slide 3 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by NewBloggerThemes.com.

  • This is default featured slide 4 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by NewBloggerThemes.com.

  • This is default featured slide 5 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by NewBloggerThemes.com.

Aisyah ingkar mikraj


Gus Baha: Orang yang Ingkar Mikraj adalah Siti

Gus Baha: Orang yang Ingkar Mikraj adalah Siti Aisyah
KH Bahauddin Nur Salim/Foto/Ilustrasi/IstKH Ahmad Bahaudin Nursalim
Hanya saja, Aisyah memiliki pandangan yang berbeda dalam masalah itu. "Orang yang Ingkar Mikraj adalah Siti Aisyah," ujarnya, sebagaimana yang disiarkan kanal Kalam di laman YouTube belum lama ini.

Menurut Gus Baha, Siti Aisyah adalah istri Nabi dan pendokumentasi hadis. "Beliau adalah ulama besar," tegasnya Hanya saja, ada satu fatwa beliau yang tidak diikuti ulama seluruh dunia. Beliau menyakini tidak terjadi mikraj. "Mikraj itu bahasa mubaligh. Yang ada adalah isra saja," kata Gus Baha.

Menurut keyakinan Aisyah, Nabi itu hanya isra. Sedangkan keyakinan ulama sedunia, Nabi juga mengalami mikraj dan berdialog langsung dengan Allah SWT. Nabi sempat melihat Allah di Sidratul Munaha.



Muslim meriwayatkan bahwa Aisyah berkata pada murid kesayangannya:

من زعم أن محمدًا رأى ربه فقد أعظم الفرية على الله

Siapa yang meyakini bahwa Muhammad pernah melihat Tuhannya, berarti dia telah membuat kedustaan yang besar atas nama Allah.” (HR Bukhari 4855, Muslim no. 428, Turmudzi 3068, dan yang lainnya).

Gus Baha mengaku sempat i stikharah untuk menelaah mazhab Aisyiah ini. "Aisyah, mengatakan hal itu," katanya. "Karena punya kepentingan khas ulama, yaitu menjaga konstitusi agama."

"Jika kita meyakini bahwa Nabi Muhammad melihat Tuhannya, desain imajinasi kita pasti Tuhan bertahta, bertempat. Itu yang tidak dimaui Aisyah. Lalu, imajinasi desain kita Nabi ngobrol dengan Allah. Di sana ada meja, ada kursi. Ini menabrak kaidah keyakinan kita bahwa Allah tidak bertempat. Dari pada begitu, Aisyah berkata: tidak ada itu dialog antara Nabi dengan Allah," jelas Gus Baha.

Jadi, menurut Gus Baha, niat Aisyah baik. Menjaga konstitusi agama.

Ada dua ayat yang digunakan Aisyah untuk menguatkan pendapatnya, pertama firman Allah di surat Al-An’am: 103,

لا تُدْرِكُهُ الْأَبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الأَبْصَار

Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala yang kelihatan.

Namun sebagian ulama tafsir menilai bahwa mengingkari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat Allah dengan ayat ini adalah pendalilan yang kurang tepat. Karena yang ditiadakan dalam ayat di atas adalah al-idrak (meliputi), sementara yang dibahas dalam masalah ini adalah ar-rukyah (melihat), dan melihat beda dengan meliputi.

Kedua, ayat yang digunakan Aisyah untuk menguatkan pendapatnya, firman Allah di surat As-Syura,

وَمَا كَانَ لِبَشَرٍ أَنْ يُكَلِّمَهُ اللَّهُ إِلاَّ وَحْياً أَوْ مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ أَوْ يُرْسِلَ رَسُولاً فَيُوحِيَ بِإِذْنِهِ مَا يَشَاءُ إِنَّهُ عَلِيٌّ حَكِيمٌ

Tidak mungkin bagi seorang manusiapun bahwa Allah berkata-kata dengan Dia kecuali dengan perantaraan wahyu atau di belakang tabir atau dengan mengutus seorang utusan (malaikat) lalu diwahyukan kepadanya dengan seizin-Nya apa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Tinggi lagi Maha Bijaksana.
Share:

Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Perpustakaan dan Tenaga Perpustakaan Sekolah

 

Tugas Pokok dan Fungsi Kepala Perpustakaan dan Tenaga Perpustakaan Sekolah

KEPALA PERPUSTAKAAN

Kepala Perpustakaan mempunyai tugas sebagai berikut:

  1. Menyusun program kerja jangka pendek, menengah dan panjang, serta menyusun petunjuk pelaksanaan dan rencana anggaran keuangan.
  2. Mengorganisasi tugas-tugas tenaga perpustakaan dan menyiapkan rencana kebutuhan tenaga serta sarana dan prasarana yang diperlukan.
  3. Membimbing, menggerakkan, dan memotivasi tenaga perpustakaan.
  4. Melakukan pemantauan dan pengawasan pelaksanaan tugas, penggunaan anggaran serta perlengkapan atau peralatan lainnya.
  5. Melakukan evaluasi program, penggunaan sarana dan prasarana, serta anggaran, dan
  6. Menyiapkan laporan hasil kerja, pertanggungjawaban penggunaan anggaran dan semua sarana kerja, serta memberikan masukan untuk perbaikan dan peningkatan.
  7. Mensosialisasikan program dan layanan perpustakaan kepada seluruh pemustaka (warga sekolah).

TENAGA PERPUSTAKAAN SEKOLAH

BAGIAN LAYANAN TEKNIS

Tugas layanan teknis meliputi:

  1. Pengembangan Koleksi
  2. Pengolahan Bahan Perpustakaan, meliputi:
    • (a) Inventarisasi Bahan Perpustakaan;
    • (b) Katalogisasi dan Klasifikasi Bahan Perpustakaan;
    • (c) Penyelesaian Fisik Bahan Pustaka (labelling, pemberian barcode);
    • (d) Penempatan Bahan Pustaka di Rak (shelving);
    • (e) Perawatan Koleksi (reproduksi meliputi duplikasi bahan pustaka yang sering digunakan, fotokopi, digitalisasi/e-book, penjilidan, laminasi/penyampulan, fumigasi, pengaturan suhu dan pencahayaan, penyiangan (weeding).

BAGIAN LAYANAN PEMUSTAKA

Layanan pemustaka bertugas dalam memberikan berbagai jenis pelayanan kepada pemustaka antara lain:

  1. Layanan bimbingan pemustaka (user education)
  2. Layanan Sirkulasi atau Peminjaman. Layanan ini terdiri dari koleksi yang dapat dipinjamkan, pengembalian koleksi, pemberian sanksi/denda)
  3. Layanan rujukan atau referensi
  4. Layanan bimbingan membaca di perpustakaan
  5. Layanan bercerita (story telling)
  6. Layanan pemutaran film dan video
  7. Layanan wajib kunjung perpustakaan
  8. Promosi perpustakaan

BAGIAN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Tugas layanan teknologi informasi: (Tahapan Pengadaan Sistem)

  1. Perencanaan sistem otomasi perpustakaan
  2. Pengadaan sistem otomasi perpustakaan yang meliputi,
    • perangat lunak (software) otomasi perpustakaan, seperti SLIMs, Inlis Lite, dll;
    • Perangkat keras (hardware), misalnya server, computer klienbarcode readerscannerprinter;
    • serta jaringan yang meliputi kabel, hub, modem.
  3. Instalasi perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan.
  4. Pelatihan penggunaan perangkat lunak otomasi perpustakaan yang telah dipasang.
  5. Penginputan data dalam sistem otomasi perpustakaan.
  6. Perbaikan sistem yang dianggap belum beroperasi/berfungsi sebagaimana mestinya.
  7. Perawatan (maintenance) sistem otomasi dan jaringan komputer di perpustakaan.

Tugas layanan teknologi informasi: (Layanan otomasi perpustakaan kepada pemustaka)

  1. Pengecekkan kesiapan server dan computer perpustakaan
  2. Pengoperasian server 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Umumnya operasi server tersebut dapat diakses secara local (Local Area Network/LAN), atau online melalui internet.
  3. Pengawasan ketertiban pemakaian komputer.
  4. Pembimbingan bagi pemakai yang mengalami kesulitan dalam menggunakan komputer.
  5. Penyediaan katalog online (OPAC).
  6. Penyediaan e-resources, seperti e-booke-journale-pappers (makalah), online database, bank soal, modul pembelajaran, dsb sesuai dengan kebutuhan sekolah.
  7. Menyediakan link ke perpustakaan lain seperti, Perpustakaan Nasional, Perpustakaan Daerah/Perpustakaan Umum, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Sekolah lain yang sudah menggunakan sistem otomasi perpustakaan.
  8. Penyediaan fasilitas unduh (download) dan cetak dokumen.
Share:

Hukum Zakat kepada kyai

 Hukum Zakat kepada kyai


 Sudah menjadi kebiasaan di Indonesia terutama di desa-desa menjelang Idul Fitri seperti saat ini masyarakat berbondong-bondong memberikan zakat fitrah, termasuk kepada kiai, tokoh agama atau ustadz.

Lantas bagaimana fikih Islam memandang hal ini ? Bolehkah memberikan zakat fitrah kepada Kiai, tokoh agama atau ustadz ?

Menjawab hal ini Dr. Wahbah az-Zuhaili dalam Tafsir Al-Munir menjelaskan bahwa kiai atau ustadz termasuk dalam ketegori Sabilillah atau mereka yang berjuang di jalan Allah SWT :

وَفِي سَبِيْلِ اللّٰهِ وَهُمْ فِي رَأْيِ الْجُمْهُوْرِ الْغُزَّاةُ المُجَاهِدُوْنَ الَّذِيْنَ لَا حَقَّ لهُم فِي دِيْوَانِ الْجُنْدِ

Dan golongan Sabilillah. Menurut mayoritas ulama mereka adalah pasukan perang jihad yang tidak memiliki bagian hak dalam buku catatan tentara.” (Tafsir al-Munir, X/273)

Dari keterangan diatas dapat dipahami bahwa Kiai atau ustadz berhak menerima zakat karena telah berjihad dengan mendakwahkan Islam kepada masyarakat, dengan syarat mereka tidak mendapatkan gaji dari pemerintah.

Sebaliknya apabila Kiai atau ustadz tersebut mendapat gaji dari pemerintah, misalnya karena seorang PNS maka ia bukan termasuk Sabilillah dan tidak berhak menerima zakat.

Bagaimana jika kiai atau ustadz tersebut adalah orang yang mampu ?

Memang banyak ulama memberikan syarat tokoh agama atau kiai boleh menerima zakat hanya jika mereka termasuk golongan orang miskin atau tidak mampu.

Namun Imam al-Kharsyi dalam Syarh Mukhtashar Khalil berpendapat bahwa tetap diperbolehkan memberikan zakat kepada Kiai atau ustad walaupun mereka terbilang mampu.

Hal ini dikarenakan kontribusi mereka yang begitu bagi masyarakat terutama kaum muslimin, berikut cuplikan penjelasan Imam al-Kharsyi :

يَجُوْزُ إِعْطَاءُ الزَّكَاةِ لِلْقَارِئِ وَالْعَالِمِ وَالْمُعَلِّمِ وَمَنْ فِيْهِ مَنْفَعَةٌ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَلَوْ كَانُوْا أَغْنِيَاءَ لِعُمُوْمِ نَفْعِهِمْ وَلِبَقَاءِ الدِّيْنِ

Boleh memberikan zakat kepada ahli qiraat, orang alim, pengajar, dan orang yang bermanfaat bagi kaum muslimin meskipun mereka terbilang mampu. Hal ini dikarenakan manfaat mereka yang bersifat umum serta dapat melestarikan agama.” (Syarh Mukhtashar Khalil, II/216).

Keterangan ini juga dikuatkan oleh Imam Ad-Darimi ketika membahas zakat kepada para penuntut ilmu agama atau santri, bahwa mereka boleh menerima zakat disebabkan ilmu tersebut nantinya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

Keterangan imam Ad-Darimi ini ditermukan dalam Al-Majmu’ Syarah Muhazzab karya Imam An-Nawawi, dengan redaksi sebagai berikut :

وَالثَّالِثُ إِنْ كَانَ نَجِيْباً يُرْجَى تَفَقُّهُهُ وَنَفْعُ المُسْلِمِيْنَ بِهِ اِسْتَحَقَّ

Bagian ketiga : andaikan dia (penuntut ilmu) bisa diharapkan ke-faqihan-nya dan bisa memberi manfaat kepada orang-orang islam dengan ilmunya, maka dia berhak menerima zakat

Apa jenis Zakat kepada kiai atau ustadz ?

Madzhab Maliki berpendapat hukum di atas hanya untuk zakat mal (harta) tidak zakat fitrah, karena zakat fitrah yang diperuntukkan bagi fakir dan miskin. karenanya kiai atau ustadz yang mampu tidak boleh menerima zakat.

Namun hal ini dibantah oleh Prof. Dr. Wahbah Az-zuhaili dalam al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu bahwa orang-orang yang berhak menerima zakat tidak dibedakan antara zakat mal (harta) dan zakat fitrah.

Wallahu ‘Alam

Share:

Hilangnya Keberkahan Ilmu Sang Anak


HILANGNYA KEBERKAHAN ILMU ANAK, KARENA PRILAKU BURUK ORANG TUA TERHADAP GURUNYA


Syekh Abdul Qadir Al Jailany adalah seorang ulama yang terkenal pada zamannya. Murid-muridnya berasal dari berbagai kalangan. Ada anak orang kaya, ada anak penguasa, ada juga anak pedagang dan anak-anak orang miskin. Di madrasah Syekh Abdul Qadir tidak ada dikriminasi, semua murid diperlakukan sama.

Di madrasah Syekh Abdul Qadir diperkenalkan ilmu dan lebih diutamakan adab, termasuk adab kepada guru yang dijunjung tinggi. Termasuk adab yang diajarkan adalah bagaimana murid berhikmat dan meraih keberkahan dari gurunya.

Sebuah kebiasaan bahwa ketika sang guru sedang menyantap makanan, maka murid-murid tidak ada yang ikut makan sebelum gurunya selesai, ternyata ada tradisi meraih berkah ilmu dengan memakan sisa makanan gurunya.

Syekh Abdul Qadir paham hal tersebut sehingga ia selalu menyisahkan makanannya untuk di ambil oleh murid-muridnya. Seorang tamu yang datang menjenguk anaknya melihat hal itu dan berfikir bahwa anak-anak mereka yang belajar pada Syekh Abdul Qadir diperlakukan seperti babu atau kucing. Masa mereka diberikan sisa makanan dari gurunya. Pikiran kotor inilah yang menyebabkan orang tua murid tadi memprofokasi orang tua lainnya.

Salah satu orang tua yang merupakan orang terpandang, kaya dan penguasa termakan propokasi dan datang menghadap Syekh Abdul Qadir dan mengungkapkan keberatannya atas perlakuan sang guru kepada anaknya yang dianggap melecehkan kehormatannya dan kehormatan anaknya.

Maka terjadilah dialog sebagai berikut :

“Wahai tuan syekh, saya menghantar anak saya kepada tuan syekh bukan untuk jadi pembantu atau dilakukan seperti kucing. Saya hantar kepada tuan syekh, supaya anak saya jadi alim ulama’.”

Syekh Abdul Qadir hanya jawab ringkas saja. “ Kalau begitu ambillah anakmu.”

Maka si bapak tadi mengambil anaknya untuk pulang. Ketika keluar dari rumah syekh menuju jalan pulang. Orang tua murid tadi bertanya pada anaknya beberapa hal mengenai ilmu hukum syariat, ternyata kesemua soalannya dijawab dengan tepat dan rinci. Maka bapak tadi berubah fikiran dan mengembalikan anaknya kepada tuan Syekh Abdul Qadir.

“Wahai tuan syekh terimalah anak saya untuk belajar dengan tuan kembali. Tuan didiklah anak saya. Ternyata anak saya bukan seorang pembantu dan juga diperlakukan seperti kucing. Saya melihat ilmu anak saya sangat luar biasa bila bersamamu.”

Maka jawab tuan Syekh Abdul Qadir. “Bukan aku tidak mau menerimanya kembali, tapi ALLAH sudah menutup pintu hatinya untuk menerima ILMU dariku, ALLAH sudah menutup futuhnya (Mata Hati) untuk mendapat ilmu disebabkan orang tua yang tidak beradab kepada GURU.”

Ternyata orang tua yang tidak beradab pada guru bisa menyebabkan anak-anaknya menjadi korban kehilangan keberkahan ilmu dari guru-gurunya.

Begitulah ADAB dalam menuntut ilmu. Anak, Ibu, Ayah dan siapa pun perlu menjaga adab kepada guru. Kata ulama: Satu perasangka buruk saja kepada gurumu maka Allah haramkan seluruh keberkatan yang ada pada gurumu kepadamu.

Kisah ini adalah refleksi untuk para orang tua siswa, sia-sialah kita menyekolahkan anak kita kalau pada akhirnya ilmu yang diperolehnya tidak berberkah. Karena kita sebagai orang tua yang tidak beradab kepada guru sehingga anak-anak kitapun menjadi kehilangan adab kepada gurunya.

Share:

Manfaat Daun Andong

 

11 Manfaat Daun Andong untuk Kesehatan yang Belum Diketahui


Bagi anda penggemar tanaman hias dan bercocok tanam berbeda jika anda melihat manfaat sayur tunas bambu, mungkin jenis tanaman yang satu ini sangat familiar. Harganya yang terjangkau di pasaran serta cara menanam dan perawatan yang mudah, membuat tanaman ini punya banyak sekali penggemar. Yaitu tanaman andong atau biasa dikenal dengan nama hanjuang di pasar tanaman hias. Tanaman ini merupakan tumbuhan yang dikelompokkan dalam jenis tumbuhan monokotil berbatang. Ciri khas dari tanaman andong yaitu memiliki daun berbentuk lanset dengan ukuran yang cukup besar dan berwarna hijau kemerahan.

Dan salah satu keunikan pada andong yaitu warna daun yang bisa berubah menjadi merah keunguan jika terkena sinar matahari. Sepeti tanaman pada umumnya, andong memiliki banyak sekali manfaat dan fungsi. Secara ilmiah andong memiliki nama Cordyline, dan biasa digunakan sebagai tanaman pelindung ataupun pembatas blok sawah, ladang, hingga perkebunan teh ataupun kina. Selain itu andong juga sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias. Sedangkan di dunia boga sendiri, andong biasa dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan agar tampilan makanan jadi lebih menarik dan memiliki nilai artistik tersendiri. 

Selain itu andong juga memiliki banyak manfaat terutama di bidang kesehatan berbeda jika anda melihat manfaat cengkeh untuk diet, hal ini tentunya terkait dengan segudang kandungan nutrisi yang ada pada hanjuang. Kandungan nutrisi serta zat tersebut tentunya tidak hanya baik untuk menutrisi tubuh anda agar lebih sehat. Ada beberapa manfaat khusus pada tanaman andong yang bisa anda dapatkan. Dan untuk menjawab penasaran anda mengenai apa saja kandungan nutrisi pada tanaman andong, berikut kami sampaikan secara rinci.

Kandungan Nutrisi Andong

  • Flavonoid
  • Tannin
  • Saponin
  • Zat besi
  • Timidine
  • Kalsium oksalat
  • Steroida
  • Polisakarida
  • Polifenol
  • Antibakteri
  • Antikoagulan
  • Antiproliferatif

Dengan banyaknya kandungan nutrisi di atas, ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan. Mengingat tanaman andong juga termasuk salah satu jenis tanaman toga, tak heran juga banyak sekali obat tradisional maupun herbal berbahan dasar andong. Dari tanaman andong sendiri yang dimanfaatkan yaitu daunnya, bukan hanya pucuk daun mudanya saja begitupun dengan daun yang sudah tua. Cara pengolahannya sendiri bermacam- macam sesuai dengan manfaat yang ingin anda dapatkan. Dan berikut merupakan penjelasan mengenai apa saja manfaat dari andong yang bisa anda dapatkan.

Manfaat Andong

  1. Obat Disentri

Disentri merupakan salah satu gangguan atau penyakit pada pencernaan,biasanya orang yang mengalami disentri akan merasa sakit pada perut dan disertai diare berlebih. Tentunya ini sangat tidak baik, diare yang berlebih dapat menyebabkan dehidrasi akut yang dapat menyebabkan kematian. Untuk itu anda harus mengatasinya, salah satu caranya yaitu dengan minum air rebusan daun dan akar andong. Minumlah selagi hangat sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Obat Ambeien

Ambeien atau wasir merupakan salah satu gangguan pencernaan yang ditandai dengan adanya pembengkakan hingga pecahnya pembuluh darah pada anus. Jika anda mengalami ambeien, ini tidak hanya dapat mengganggu penampilan tetapi juga aktivitas. Anda biasanya akan mengalami nyeri saat duduk ataupun BAB. Untuk itu anda bisa mengatasinya dengan cara membuat air rebusan pucuk daun andong. Caranya sangat mudah, anda bisa mendidihkan air dan memasukkan pucuk daun andong. Minumlah setiap hari sebanyak 3 gelas untuk mengobati ambeien anda.

  1. Obat Radang Gusi

Selain dapat mengobati ambeien, andong memiliki kandungan zat serta nutrisi yang baik untuk mengobati radang gusi. Biasanya radang gusi membuat anda sulit untuk mengunyah dan terasa nyeri. Untuk mengatasinya sangatlah mudah, anda hanya perlu menyiapkan kulit batang andong. Caranya sayatlah kulit batang andong dan ambil lapisan ke dua dari kulitnya lalu cuci bersih. Tumbuklah kulit batang andong dan campur dengan sedikit garam. Setelah halus, oleskan pada bagian gusi yang meradang.

  1. Melancarkan Haid

Bagi seorang wanita, memiliki siklus haid yang normal dan teratur merupakan hal yang penting. Ini terkait dengan kesehatan tubuh juga, namun beberapa wanita sering kali mengalami ketidak lancaran haid yang berdampak pada siklus haid mereka. Biasanya orang yang mengalami siklus haid berantakan, haidnya tidak lancar. Untuk mengatasinya anda bisa minum air rebusan akar andong.

  1. Obat Batuk Berdarah

Kandungan nutrisi serta zat yang ada pada andong juga mampu mengatasi serta mengobati batuk berdarah.

  1. Obat TBC

Selain sebagai obat batuk berdarah berbeda dengan manfaat rimbang untuk asam urat, andong juga sangat baik untuk mengobati TBC. Caranya anda bisa minum air rebusan andong setiap hari sebanyak 3 kali.

  1. Obat Maag

Untuk mengatasi serta mengobati maag, anda bisa mengkonsumsi air rebusan andong saat maag anda kambuh.

  1. Obat Liver

Bagi anda yang memiliki riwayat liver berbeda dengan manfaat daun salam dan sereh, untuk menyembuhkannya secara alami anda bisa minum air rebusan andong setiap pagi dan sore.

  1. Mengatasi Keputihan

Keputihan merupakan salah satu hal yang lumrah dan kebanyakan dialami oleh wanita. Namun jika keputihan terasa gatal dan berbau, anda perlu  waspada. Untuk mengatasinya anda bisa minum air rebusan andong.

  1. Mengatasi Nyeri Haid

Tidak hanya dapat melancarkan haid saja, air rebusan andong yang diminum saat nyeri haid terasa juga mampu mengatasinya dengan efektif.

  1. Melancarkan Saluran Kemih

Air rebusan andong juga mampu melancarkan saluran kemih berbeda dengan manfaat kunyit dicampur kayu manis, ini bermanfaat bagi anda yang memiliki gangguan pada saluran kemih.

Itulah berbagai manfaat dari daun andong yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas bermanfaat bagi anda. Version

Share:

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Wikipedia

Hasil penelusuran

Teks

Afdolul ilmi ilmul hal

Translate indonesis

Mengenai Saya

Foto saya
Farichin Hanya seorang Abdi di Al Mubarok Hidayatul mubtadiin siandong

Perilaku Pengamal Syari'at, Tharikat, Hakikat dan Makrifat

Perilaku Pengamal Syari'at, Tharikat, Hakikat dan Makrifat Perilaku seseorang yang berada pada tingkatan syariat, thariqat, hakikat, dan...

Pengikut

Label

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.