• This is default featured slide 1 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by NewBloggerThemes.com.

  • This is default featured slide 2 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by NewBloggerThemes.com.

  • This is default featured slide 3 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by NewBloggerThemes.com.

  • This is default featured slide 4 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by NewBloggerThemes.com.

  • This is default featured slide 5 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by NewBloggerThemes.com.

4 KARAKTER WANITA, ANDA TIPE YANG MANA ?

 



4 TIPE KARAKTER WANITA YANG DIABADIKAN DALAM AL QUR`AN

Pertama, tipe wanita dengan kepribadian kuat. Tipe ini diwakili Siti Asiyah, istri Fir'aun. Walaupun berada dalam "cengkeraman" Fir'aun, dia tetap teguh menjaga akidah dan harga dirinya sebagai seorang Muslimah.

Allah SWT mengabadikan doanya dalam Alquran, ''Ya Tuhanku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam syurga dan selamatkanlah aku dari Fir'aun dan perbuatannya dan selamatkan aku dari kaum yang zalim (QS At Tahrim: 11). 

Kedua, tipe wanita yang berusaha menjaga kesucian dirinya. Tipe kedua ini diwakili Siti Maryam. Dalam surat Maryam ayat 20 disebutkan bahwa Maryam adalah seorang wanita suci yang tidak pernah disentuh seorang lelaki pun.

Karena keutamaan inilah, Allah SWT berkenan mengabadikan namanya menjadi nama salah satu surat dalam Alquran dan menjadikannya ibu dari seorang nabi yang agung yaitu nabiyullh isa As. 

Ketiga, tipe wanita penghasut, penebar fitnah, penggemar gosip, dan sangat buruk hatinya. Dia adalah Hindun, istrinya Abu Lahab. Alquran menjuluki wanita ini sebagai "pembawa kayu bakar" atau wanita penyebar fitnah dan permusuhan. 

Allah SWT berfirman dalam surat Al Lahab, ''Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa dan demikian pula istrinya, pembawa kayu bakar yang di lehernya ada tali dari sabut.'' 

Dalam sejarah diceritakan bagaimana "kehebatan" Hindun dalam menyebarkan gosip dan fitnah tentang Rasulullah SAW. 

Hindun pun dikenal sebagai partner terbaik Abu Lahab untuk menghambat dakwah Islam.

Keempat, tipe wanita penggoda. Tipe ini diperankan oleh Siti Zulaikha. 

Petualangan Zulaikha dalam menggoda Yusuf, dijelaskan dalam Alquran Surat Yusuf, ''Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggal di rumahnya, menggoda Yusuf untuk menundukkan dirinya (kepadanya) dan dia menutup pintu-pintu seraya berkata, "Marilah ke sini,"

Walaupun para tokoh yang dikisahkan dalam Alquran tersebut hidup ribuan tahun yang lalu, tapi karakteristik dan sifatnya tetap abadi hingga sekarang.

Ada tipe wanita pejuang yang kokoh keimanannya. Ada tipe wanita yang tegar dalam menjaga kesucian dirinya. Ada tipe wanita penghasut, dan ada pula tipe wanita penggoda.

Semoga Anda Tetap menjadi wanita kebanggaan Semua orang karena akhlak dan budi pekertinya. 

Share:

4 HAL YANG BISA MENAIKKAN DERAJAT SESEORANG

 






4 HAL YANG BISA MENAIKKAN DERAJAT SESEORANG

Menurut KH. Hasan Zamzami Makhrus, Pengasuh Ponpes Al Baqoroh Lirboyo Kediri, Di sela-Sela Kegiatan Pengajiannya Beliau Mengatakan Bahwa; Ada 4 perkara yg menjadikan derajat seseorang itu naik" 

Pertama, orang yg berilmu bisa mengangkat derajatnya naik. Entah itu ilmu syari'at, entah itu ilmu formal. Kalau ilmu syari'at, mulia 'indallah (disisi Allah), dan 'indannas (dimata manusia), tetapi kalau formal hanya mulia 'indannas saja. Sehingga orang yg mencari ilmu, kalau mati akan di catat mati syahid.


Kedua, tatakrama. Tatakrama atau etika itu penting sekali. Dengannya, bisa memuliakan guru, bisa berbaik hati. Bisa berbaik hati dan mengasihi anak kecil, itu penting sekali. Monggo kita mondok mesantren jauh-jauh mencari ilmu syari'at, kita berbuat baik pada teman kita, memuliakan guru-guru kita, semua dengan tatakrama, itu sangat penting sekali.


ketiga, adalah jujur. Ngalor, nggih ngalor, ngidul nggih ngidul. Maksudnya dengan temannya, dengan gurunya, yg jujur. Kalau orang jujur, insya Allah hidupnya bakal enak.


إن الصدق يهدي إلى البر وإن البر يهدي إلى الجنة


"Sesungguhnya kejujuran bisa membuat sampai kepada kebaikan. Dan kebaikan bisa membuat sampai kepada surga." (HR. Bukhari)


Sekarang mencari orang jujur itu sulit, monggo kita biasakan di pondok sejujur mungkin. Insya Allah kalau sudah terbiasa, di masyarakat nanti akan jujur. Jujur hidupnya maka jujur pula pergaulannya.


Keempat, adalah bisa dipercaya. Dititipi barang, bisa dipercaya, dititipi jabatan ya bisa dipercaya. Itu penting sekali. Karena orang kalau tidak bisa dipercaya maka akan berat sekali. Dititipi uang temannya, hilang. Dititipi jabatan malah diselewengkan. Tidak bisa menjaga amanahnya. Kita harus bisa dipercaya, amanah itu penting sekali. Keempat-empatnya ini insya Allah dipondok pesantren diajarkan.


Untung-untungnya anak adalah anak yg berada di pondok pesantren. Sebab di pondok pesantren, insya Allah anaknya mengaji, ibadah, dan insya Allah tidak maksiyat. Dan juga orang tuanya sangatlah beruntung. Untung-untungnya orang tua adalah yg anaknya berada di pondok pesantren. Karena dia nyambut gawe atau bekerja, nafqahi anak untuk mengaji, dan insya Allah barokah.


والذين أمنوا واتبعتهم ذريتهم بإيمانٍ ألحقنا بهم ذريتهم


"Dan orang-orang yg beriman dan yg anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka." (QS. at-Thur : 21)


Besok, diakhirat antara anak dan orang tua dikumpulkan. Seiman tapi syaratnya, kalau orang tuanya islam, anaknya islam, maka dikumpulkan. Bilamana orang tua derajatnya lebih tinggi, maka anaknya akan dikumpulkan dengan orang tuanya. Begitu juga sebaliknya, bila anaknya derajatnya lebih tinggi, maka orang tua akan dikumpulkan dengan anaknya. Disamakan pula dengan dzurriyyah bin nasab (keturunan dengan jalur nasab) yaitu dzurriyyah bissabab. Dzurriyyah bissabab itu seperti antara murid dan guru. Besok di akhirat, antara murid dan guru akan dikumpulkan. Guru dengan guru-gurunya akan dikumpulkan. Sampai kelak dikumpulkan dengan Kanjeng Nabi Saw.


Orang yg paling dekat dengan Kanjeng Nabi Saw adalah orang yg paling banyak membaca sholawat. Kita membaca sholawat itu penting sekali. Karena kelak kita masuk surga kalau tidak mendapatkan syafaat dari Kanjeng Nabi Saw ya tidak bisa. Kita masuk surga bukan karena ibadah kita tetapi karena syafa'ate Kanjeng Nabi Saw (amal ibadah hanya nilai plus). Maka bersholawat itu keutamaannya sangat besar sekali. Kalau kita memperbanyak membaca sholawat akan menyebabkan hati kita menjadi qona'ah, syukur. Wes gak pengen opo-opo. Kita harus punya sifat qona'ah, kalau tidak punya maka tidak akan pernah bersyukur.


Walaupun bukan Kiyai atau alim, kalau mahabbah cinta dengan kiyai, orang alim, insya Allah anak keturunannya nanti akan menjadi orang alim. Pentingnya kita senang, mahabbah cinta dengan orang alim, dengan orang-orang sholeh, dengan harapan anak keturunan kita nanti dijadikan orang alim dan sholeh."




اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد

Share:

4 CIRI ANAK DURHAKA KEPADA ORANG TUA, APA ANDA TERMASUK ?


sumber: Googlepictures.

4 CIRI ANAK YANG DURHAKA KEPADA ORANG TUANYA

Allah SWT berfirman dalam surat Al isra` yang artinya :

Dan Rabb-mu telah memerintahkan kepada manusia jangan lah ia beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan henaklah berbuat baik kepada kedua orang tua dengan sebaik – baiknya. Dan jika salah satu dari keduanya atau kedua – duanya telah berusia lanjut disisimu, maka jangan lah katakan kepada keduanya ‘ah/uf’ dan jangan lah kamu membentak keduanya"

Sungguh beruntung seorang anak yang bisa menyayangi kedua orangtuanya. Sebaliknya, celakalah seorang anak yang durhaka kepada keduanya karena tak mampu menghormati apalagi menyayangi ayah dan ibunya.

empat ciri anak yang durhaka kepada orangtuanya adalah :

Pertama, jika orangtuamu harus memilih diam karena takut engkau marah, maka sangat mungkin engkau adalah anak durhaka!

Kedua, jika orangtuamu harus berhati-hati dalam berbicara berbicara denganmu karna takut engkau marah, maka sangat mungkin engkau adalah anak durhaka!

Ketiga, jika orangtuamu takut memberi usulan yang baik untukmu karena takut engkau marah, maka sangat mungkin engkau adalah anak durhaka!

Keempat, jika orangtuamu takut mengungkapkan keinginanmu yang engkau mampu untuk memenuhinya karena takut engkau marah, maka sangat mungkin engkau adalah anak durhaka!

Anda memiliki ciri di atas? Semoga tidak. Nau’dzubillah



Share:

SEBAB DESA TIDAK MAJU DAN BERKEMBANG

 

Kenapa Desa Tidak Maju?.. Karena Cara Pandangnya.

(Masjid Desa Siandong dan Penjalinbanyu)



Memberdayakan atau membangun desa yang utama adalah membangun cara pandang terhadap desa itu sendiri, dari seluruh stake holder desa. Mulai dari Kepala Desa, Perangkat Desa, Lembaga Desa hingga masyarakatnya. Memiliki cara pandang yang salah, juga akan menjadikan desa itu stagnant atau berjalan di tempat. Walau seluruh dana digelontorkan untuk membangun desa tersebut. Namun apabila memiliki cara pandang yang tepat, maka akan mudah dipahami bagaimana desa bisa berkembang, mau dibawa kemana dan dengan cara apa desa mampu berkembang pesat.

Dalam hal ini, saya akan menyampaikan beberapa cara pandang masyarakat desa tentang desanya. Sehingga bisa menjadi referensi seperti apakah kita memandang desa selama ini dan bagaimana seharusnya yang tepat cara pandang terhadap suatu desa. Ada empat cara pandang terhadap desa sebagai berikut:

  1. Cara Pandang Birokratis ( بيروقراطية) bahwa desa dan pemerintahannya hanya sebagai daerah administratif yang menjalankan pemerintahan saja. Dalam cara pandang ini pemerintah desa lemah, karena hanya merasa sebagai pelayan masyarakat. Dan begitu juga masyarakatnya, hanya memandang desa sebagai pelayan dalam mengurusi surat surat saja. Dalam hal ini pemerintah desa juga lemah, masyarakatnya juga lemah.
  2. Cara Pandang Community(تواصل اجتماعي) bahwa desa hanya merupakan sebuah sekumpulan masyarakat yang memiliki tujuan tertentu, punya adat tertentu dan lebih mementingkan kebersamaan daripada kemajuan. Biasanya jika ada hal hal yang baru dari luar mudah ditolak demi kebersamaan / komunitas. Dalam hal ini masyarakatnya kuat, tetapi pemerintah desanya lemah.
  3. Cara Pandang Korporasi (شَرِكَة)   merupakan sebuah lembaga sebagai perpanjangan tangan dari negara atau pemerintah pusat, sehingga pemerintahannya kuat, pemerintahan desanya dominatif termasuk kepala desanya. Pemerintah desa melayani juga mengontrol masyarakat. Dan dalam hal ini, pemerintahan desanya yang kuat, masyarakatkanya yang lemah.
  4. Cara Pandang Entitas (شخصية)  bahwa seluruh desa baik masyarakatnya maupu pemerintahannya merasa satu kesatuan entitas untuk berpikir bersama, berbuat bersama dan maju bersama. Saling mengontrol bersama dan dalam satu kesatuan untuk membangun dan maju bersama. Membangun desa ibarat membangun sebuah negara kecil secara demokratis dan saling menguatkan.

Ke empat tersebut merupakan cara pandang masyarakat terhadap desa, kita bisa menilai desa kita cara pandangnya seperti apa?

Share:

7 Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak

7 Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak dalam Islam, Apa Saja?

(Pemenang lomba foto keluarga ceria./Al mubarok HM Ceria. Doc)


Bukan hanya anak saja yang harus memenuhi kewajibannya pada orang tua. Melainkan kewajiban orang tua terhadap anak pun harus dipenuhi. Dalam Islam, anak sesungguhnya merupakan titipan dan berhak mendapatkan haknya dari kedua orang tua.

Anak adalah titipan Allah SWT. Jadi, kapanpun Allah ingin mengambil kembali titipannya tersebut, maka tidak akan ada yang dapat menghalangi-Nya, oleh karenanya jangan pernah menyia-nyiakannya.

Segala perilaku anak selama di dunia adalah tanggung jawab orang tuanya. Termasuk mendidik, dan mengasihi seorang anak itu adalah tanggung jawab orang tuanya.

Dengan demikian maka memberikan pengetahuan agama terhadap anak juga adalah merupakan kewajiban orang tua terhadap anak.

Bukan hanya anak saja yang harus memenuhi kewajibannya pada orang tua. Melainkan kewajiban orang tua terhadap anak pun harus dipenuhi.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam bukhori, Rasulullah SAW bersabda:

"Kamu sekalian adalah pemimpin dan kamu akan ditanya tentang kepemimpinanmu. Orang laki-laki (suami) adalah pemimpin dalam keluarganya dan akan ditanya tentang kepemimpinannya. Istri adalah pemimin dalam rumah tagga suaminya dan akan ditanya tentang kepemimpinannya." 

Dalam hadits ini, kewajiban orang tua terhadap anak dalam merawat dan memberikan kasih sayang adalah hal yang patut dilakukan sesuai anjuran Rasulullah SAW.

Kewajiban Orang Tua terhadap Anak dalam Islam Antara lain: 

1. Memberi Anak Air Susu Ibu (ASI)

2. Mendidik Anak dengan Baik

3. Mengajarkan Al-Quran

4. Bersikap Adil terhadap Anak-anaknya

5. Memberi Nafkah dan Makanan yang Halal

6. Menikahkan dengan Calon Suami/Istri yang Baik.

7. Tidak Memarahi Anak dalam Mendidik


Itulah 7 kewajiban orang tua terhadap anak dalam Islam. Semoga kita dapat melaksanakan kewajiban ini dengan baik dan mendorong anak untuk hidup berkeluarga ketika sdh saatnya agar ia terbebas dari kemaksiatan. Amiin

Share:

TIRAKATLAH UNTUK MASA DEPAN ANAKMU


Mendidik Anak Lahir Batin

Sahabat Ali Bin Abi Thalib Karamallahu Wajhah Berkata:

 علموا أولادكم فإنهم مخلوقون لزمان غير زمانكم 

Artinya : “Didiklah anak-ankmu itu, karena sesungguhnya mereka diciptakan untuk mengisi masa yang bukan masamu”


Kalau dulu banyak yang menggantungkan dan menyerahkan nasibnya kepada Allah. Dulu juga banyak kyai yang alim berdoa kapada Allah agar anaknya menjadi alim, dan banyak juga ibu yang tidak mampu mendidik anaknya, ingin anaknya menjadi anak yang saleh dengan puasa tirakat. Maka jangan heran kalau banyak anak kyai yang pintar tanpa harus belajar. Itulah semua dilakukan oleh orang tuanya dengan tirakat, meninggalkan segala perbuatan maksiat dan juga tidak melakukan kesalahan, sehingga anaknya menjadi anak yang baik. Jadi dulu banyak yang seperti itu, tanpa harus belajar banyak.

Apakah sekarang bisa seperti itu? Kalau sekarang jauh untuk melakukan tirakat, karena banyak hal yang tidak mendukung adanya puasa secara terus-menerus. Sehinggga kalau sekarang kita melakukan puasa tirakat ini terasa sulit. Jadi sekarang banyak orang tua yang lebih memilih cara yang nyata atau lahir, yaitu lebih cenderung ke lembaga pendidikan. Kira-kira hal yang bagaimana yang pantas untuk membuat anak atau murid kita sukses, apakah hanya dengan ibadah tanpa adanya usaha atau usaha terus-menerus tanpa adanya doa atau ibadah?

Rasanya kalau yang pertama untuk sekarang ini sulit, tawakkal terus kepada Allah tanpa adanya usaha. Bukan hanya dengan tirakat, tapi harus juga dengan usaha. Bagi seorang guru, ia harus memberi tugas kepada muridnya dan jangan lupa juga mendoakan mereka. Tapi saya yakin seorang guru mempunyai tujuan yang sama dengan orang tua, bahwa kedua belah pihak menginginkan anak-anak atau murid-muridnya lebih baik dan pintar serta sukses.

Demikian juga halnya seorang pimpinan tentu berkeinginan agar anak buahnya lebih baik. Maka dari itu, rasanya untuk tirakat pada saat ini terasa sulit, selain itu suasananya tidak mendukung banyak makanan di mana-mana. Ketika mau berpuasa ada saja yang menawarkan makanan yang tidak mendukung untuk berpuasa tirakat.

Sulit rasanya mengikuti sunah Nabi dalam mengatur pola makan. Nabi itu tidak makan kecuali dalam keadaan sangat lapar dan kalau makan tidak terlalu kenyang. Sehingga serasa sulit bagi orang zaman sekarang untuk menerapkannya, yang pada akhirnya orang zaman sekarang tidak banyak yang dapat melaksanakan puasa tirakat. Untuk itu, orang zaman sekarang mau tidak mau harus menggunakan cara lahiriah dan mendidik secara langsung, yaitu dengan cara diarahkan, dikontrol serta diberi penugasan. Namun kadang-kadang banyak orang tua yang tidak sempat mendidik anaknya secara langsung dan jarang bertemu dengan anaknya. Bahkan terdapat anak yang merasa jauh dari orang tuanya, sehingga banyak anak yang tidak berbakti dan menurut kepada orang tuanya.

Maka kita hendaknya tidak hanya mengajarkan secara lahiriah, namun juga batiniah. Kedua-duanya itulah yang akan menyebabkan keberhasilan dan menjadikan anaknya itu baik. Dulu banyak orang tua yang tidak terlalu pintar namun anaknya itu baik-baik dan pintar-pintar. Orang tua zaman dahulu kebanyakan tidak pandai-pandai, namun tirakatnya tinggi serta perhatiannya terhadap anak juga tinggi. Zaman dahulu anaknya banyak-banyak dan baik-baik, beda dengan sekarang sudah sedikit dan tidak semuanya baik dan sukses.

Maka dari itu, siapapun nanti suatu saat akan menjadi orang tua. Maka hendaklah kelak mendidik anak-anaknya dengan baik, dengan juga mendoakan mereka. Namun juga tidak hanya didoakan atau ditirakati saja, namun juga harus dididik secara lahiriah dengan diperhatikan dan diberi kewajiban serta diiringi dengan doa

Share:

USIA ANAK 7 TAHUN AJARI SHALAT

Shalat ashar berjamaah Santri Al Mubarok Hidayatul Mubtadiin


USIA 7 TAHUN ANAK HARUS DIPERINTAH SHALAT

Rasulullah SAW telah menyampaikan bahwa usai mengajarkan anak belajar agama (sholat) ketika sudah tujuh tahun. Jika belum genap tujuh tahun anak tidak boleh dituntut untuk bisa belajaran agama kecuali hanya memperkenalkannya. 

 Karena pada usia inilah anak sudah mampu menerima perintah atau sudah paham menerima perintah yang disebut dengan istilah mumayyiz. 

Karena di usia ini kritis dan cerdas, Demikian juga pada usia ini,anak didik diperkirakan sudah mampu belajar sholat dengan baik, sudah mulai mengenal bacaan dan gerakan gerakan sholatdengan baik. 

Kalau pada usia sebelumnya anak hanya ikut-ikutan, pada usia ini sudah mulai mampu belajar sholat dengan baik. 

 Usia secara kebetulan sama dengan usia anak sekolah dipedomani dalam penerimaan masuk sekolah formal di sekolah tingkat dasar titik konsekuensinya anak yang telah mampu belajar sholat dengan baik berarti pula ia telah menerima hukuman jika meninggalkannya. 

 Tugas belajar mengajar adalah tugas suci dan tugas kewajiban bagi semua orang. Orang yang belum tahu ilmu tugasnya wajib mencari atau belajar dari orang berilmu dan tugas orang berilmu adalah mengajarkan ilmunya kepada orang yang belum tahu. 

 orang yang belum tahu wajib belajar dan orang yang sudah tahu wajib mengajar. 

Guru dan murid harus ada kerjasama yang baik dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah dirumuskan dengan metode pendekatan dan model yang relavan.

 عن عمرو بن شعيب، عن أبيه، عن جده -رضي الله عنه- قال: قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم-: مُرُوا أولادَكم بالصلاةِ وهم أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ، واضْرِبُوهُمْ عليها، وهم أَبْنَاءُ عَشْرٍ، وفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ في المَضَاجِعِ 

 Dari Amr Bin Syu'aib dari ayahnya dari kakeknya berkata: "Rasulullah SAW bersabda: "Perintahkan anak-anakmu melaksanakan sholat sedang mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka karena tinggal sholat sedang mereka berusia 10 tahun dan pisahkan antara mereka di tempat tidurnya."

 bagaimana mendidik agama pada anak-anak, pendidikan agama diberikan kepada anak sejak kecil, sehingga nanti usia dewasa perintah-perintah agama dapat dilakukan secara mudah dan ringan. 

 Di antara perintah agama yang disebutkan dalam hadis ada tiga perintah yaitu perintah melaksanakan sholat, perintah memberikan hukuman pemerintah memberikan hukuman bagi pelanggarnya. 

 perintah di sini maknanya dilakukan secara tegas, sebab pada umumnya perintah sholat sebenarnya sudah dilakukan orang tua sejak sebelum usia tersebut. 

 Anak-anak sejak usia empat tahun atau lima tahun sudah diajak orang tuanya melaksanakan sholatbersama-sama. Anak-anak melakukannya walaupun dengan cara ikut-ikutan atau menirukan gerakan-gerakan sholat. 

 Anak pada usia ini, sekadar ikut-ikutan, belum melakukannya secara baik, baik gerakan-gerakannya maupun bacaannya. Anak-anak kadang mau melakukannya dan kadang-kadang tidak mau melakukannya. 

 Nah setelah usia anak mencapai tujuh tahun perintah orang tua hendaknya secara tegas tidak seperti pada saat usia dibawah tujuh tahun. 

 Perintah sholat, berarti pula perintah mengajarkan cara sholat, karena tidak mungkin anak hanya diperintahkan sholat sementara dia belum bisa melakukannya. 

Dalam riwayat Al-Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda:

 عَلِّمُوا الصَّبِيَّ الصَّلَاةَ لِسَبْع سِنِينَ 

 "Ajarkan anak-anak sholat sedangkan dia berumur tujuh tahun." 

 Hadits ini perintah mengajarkan sholat pada anak-anak tentang syarat-syarat, rukun-rukun dan beberapa sunnah dalam shalat. 

Al-Alaqiy dalam syarah al-Jami' al-Shaghir mengatakan. "Orang tua hendaknya mengajarkan apa yang dibutuhkan dalam sholat seperti syarat dan rukunnya. Orangtua hendaknya memerintah anaknya melaksanakan sholat setelah diajarkannya. 

 Upah pengajaran diambil dari harta anak jika punya harta dan jika tidak punya upahnya dibebankan pada Walinya"


https://youtu.be/N-Rw2ldo_xs
Share:

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

Wikipedia

Hasil penelusuran

Teks

Afdolul ilmi ilmul hal

Translate indonesis

Mengenai Saya

Foto saya
Farichin Hanya seorang Abdi di Al Mubarok Hidayatul mubtadiin siandong

Perilaku Pengamal Syari'at, Tharikat, Hakikat dan Makrifat

Perilaku Pengamal Syari'at, Tharikat, Hakikat dan Makrifat Perilaku seseorang yang berada pada tingkatan syariat, thariqat, hakikat, dan...

Pengikut

Label

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.